Dengan Kapolda Sumsel Yang Di Sinyalir Untuk Karhutla Terjadi Akibat Kelalaian Suatu Perusahaan

Dengan Kapolda Sumsel Yang Di Sinyalir Untuk Karhutla Terjadi Akibat Kelalaian Suatu Perusahaan




IDOLACASH - Bersama dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mensinyalir kebakaran hutan dan lahan (karhutla) muncul akibat kelalaian dari perusahaan. Jika terbukti, pihaknya tak pandang bulu menindak manajemen.

Zulkarnain mengatakan, dugaan itu berdasarkan temuan kejanggalan di lapangan seperti karhutla yang terjadi di lahan konsesi salah satu perusahaan di Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Secara fisik (kasat mata), saya lihat ada kelalaian," ungkap Zulkarnain, Kamis (26/07/2018).

Dijelaskannya, kelalaian tersebut dilihat dari beberapa faktor. Yakni, perusahaan membangun tower pemantau terlalu jauh sehingga tak bisa mengetahui jika ada kebakaran. Padahal, tower pemantau harus didirikan yang dapat mengawasi seluruh lahan konsesi.

"Ada tower tapi jauh, padahal itu persyaratan dari Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan)," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengkritik alat yang disediakan perusahaan belum berfungsi dengan baik. Sebab, alat tersebut baru digunakan setelah lahan terbakar.

"Alat ada tapi belum berfungsi karena didatangkan setelah terbakar. Saya hargai ada kanalnya, tapi upaya segera memadamkan itu kurang. Dan (itu) bentuk kelalaian," terangnya.

Untuk menyimpulkan adanya kelalaian atau tidak, kata dia, tim ahli dari Kementerian LHK sedang mengkajinya. Jika terbukti bersalah, sanksi pidana akan diberlakukan kepada korporasi yang bersangkutan.

"Harus berdasarkan (kajian) ahli dulu baru kami tindak. Jika ada kelalaian kami akan 'krangkeng' juga," tegasnya.

Terkait dengan isu kebakaran di lahan PTPN VII, Zulkarnain mengaku akan mencari tahu kebenarannya. Jika kebakaran benar-benar terjadi di perusahaan tebu itu tanpa alasan yang jelas, proses hukum akan diberlakukan.

"Berarti PTPN itu saya jadikan tersangka. Apalagi BUMN, tidak ada pengecualian," tutup'Nya.
Dengan Kapolda Sumsel Yang Di Sinyalir Untuk Karhutla Terjadi Akibat Kelalaian Suatu Perusahaan Dengan Kapolda Sumsel Yang Di Sinyalir Untuk Karhutla Terjadi Akibat Kelalaian Suatu Perusahaan Reviewed by Unknown on Juli 26, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:


Diberdayakan oleh Blogger.